Cara Menyusun Laporan Keuangan Yang Benar

Cara menyusun laporan keuangan harus benar dan benar. Jika Anda menyiapkan laporan dengan ceroboh, tentu saja, laporan keuangan tidak akan dibuat dan Anda akan menemukan banyak kesalahan di dalamnya. Laporan keuangan dalam bisnis, baik kecil atau besar, menjadi sangat penting karena harus dilakukan secara rutin dan berkesinambungan.

Komponen dan cara menyusun laporan keuangan

Sebelum mengetahui cara menyusun laporan keuangan, Anda harus mengetahui pemahaman dan komponen laporan keuangan. Dalam komunikasi, laporan keuangan adalah laporan yang berisi informasi keuangan tentang bisnis, bisnis, perusahaan atau perusahaan. Laporan keuangan disusun dalam periode akuntansi tertentu sesuai dengan jenis laporan keuangan. Komponen-komponen ini:

Timbangan

Neraca adalah laporan keuangan yang menunjukkan posisi keuangan suatu entitas pada tanggal tertentu. Saldo ini biasanya dibuat pada akhir tahun.

Keuntungan dan kerugian

Dalam laporan laba rugi ini, Anda dapat melihat laporan hasil operasi entitas selama periode satu bulan atau satu tahun.

Laporan Equity

Ekuitas pemilik atau laporan modal menyajikan ikhtisar perubahan ekuitas pemilik entitas dalam periode tertentu.

Laporan arus kas

Laporan arus kas menggambarkan jumlah arus kas masuk dan keluar selama periode tertentu.

Cara menyiapkan laporan keuangan

Atur keseimbangan

Cara pertama untuk melakukan ini adalah menyiapkan neraca saldo. Neraca adalah daftar akun akuntansi dengan debit atau saldo kredit. Saldo dibuat setelah semua jurnal telah terdaftar di buku besar sesuai dengan akun masing-masing.

Baca juga : Cara Membuat Jurnal Umum

Pengumpulan data

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan beberapa data yang diperlukan untuk membuat jurnal penyelesaian. Beberapa transaksi mungkin belum dicatat dan masih tidak setuju dengan keadaan. Jadi data dikumpulkan untuk membuat entri penyesuaian.

Atur lembar jalur

Lembar kerja adalah salah satu cara yang berguna untuk memfasilitasi penyusunan laporan keuangan dari neraca pengujian ke jurnal. Saldo yang disesuaikan akan muncul di kolom neraca pengujian dan sisanya akan dilaporkan di neraca dan dalam laporan laba rugi.

Membuat laporan keuangan pendapatan dan keseimbangan

Cara selanjutnya adalah membuat laporan hasil dan neraca. Laporan laba rugi dan neraca dapat dibuat atau dikompilasi secara langsung berdasarkan lembar kerja. Karena di lembar kerja, jumlah yang dilaporkan telah dipisahkan dari laporan dan neraca.

Sesuaikan dan tutup akun

Jika semua akun dalam buku besar telah disesuaikan, langkah selanjutnya adalah membuat jurnal penutup. Jurnal ini berguna untuk mentransfer akun nominal ke akun laba rugi dan mentransfer saldo Anda ke akun pendapatan yang tidak terbagi.

Atur keseimbangan setelah ditutup

Cara terakhir untuk membuat laporan keuangan adalah dengan membuat neraca percobaan setelah proses penutupan. Sangat berguna untuk memeriksa saldo antara debit dan kredit di akun yang masih terbuka.

Jika Anda ingin memfasilitasi pembuatan neraca saldo atau laporan keuangan lainnya, Anda dapat menggunakan Finata. Software Akuntansi Bisnis ini akan membantu Anda membuat beberapa laporan yang berkaitan dengan keuangan. Dia tidak hanya membuat laporan, tetapi dia juga bisa membuat keputusan dengan cepat dan akurat.

Bagaimana menyiapkan laporan keuangan sesuai dengan prosedur yang benar pasti akan memberi tahu pemilik bagaimana perkembangan perusahaan. Namun, jika laporan keuangan dilakukan secara manual, kemungkinan kesalahannya cukup besar dan memakan waktu. Karena itu, Finata ada di sini untuk memudahkan pekerjaan Anda dengan hasil laporan keuangan yang paling akurat.