Makanan Khas Nganjuk

Banyak orang bisa jadi belum pernah berkunjung ke kota Nganjuk, apalagi mencicipi makanan khas Nganjuk secara langsung. Maklum saja, kota kecil di area Jawa Timur ini memang hanya sering dijadikan tempat persinggahan sementara. Padahal ada banyak makanan lezat yang menanti di kota tersebut. Bagi yang ingin mencoba mencicipi dan sekedar wisata kuliner ke kota Nganjuk, berikut ini beberapa makanan khas Nganjuk yang boleh untuk dicoba.

Nasi Becek

Dari namanya bisa jadi terdengar aneh dan unik. Padahal dinamakan demikian karena berisi nasi dengan kuah yang melimpah. Nasi ini dilengkapi pula dengan beberapa jenis lauk seperti potongan sate kambing dan babat. Kuahnya kuning kental mirip gule. Rasanya jangan ditanya, aduhai lezat dan bikin ketagihan untuk makan berulang-ulang.

Tepo Tahu

Pecinta tahu sepertinya harus mencoba jenis makanan khas Nganjuk yang satu ini. Tepo tahu tersebut terbuat dari tahu yang digoreng dan diiris kotak-kotak. Untuk menikmatinya dicampur dengan kecambah, kupat longtong, dan kacang panjang. Ditambahkan siraman kecap manis dan kuah yang gurih. Sepiring tepo tahu sukses membuatmu kenyang dan puas akan rasanya yang lezat.

Dumbleg

Jenis makanan ini cukup populer di kalangan masyarakat kota Nganjuk. Tidak hanya terasa manis tapi juga di sisi lain cukup mengenyangkan. Bahkan dumbleg ini juga cocok dijadikan oleh-oleh saat pulang berwisata atau setelah mampir dari kota Nganjuk. Terbuat dari tepung ketan dan tepung beras, bahan makanan tersebut dicampur oleh santan dan gula merah, kemudian diaduk serta dimasak hingga matang. Selanjutnya dibungkus daun pelepah pinang, untuk kemudian dinikmati dalam rupa mirip seperti jenang. Rasanya manis legit menggigit, dijamin suka dan ketagihan!

Kerupuk Upil

Terdengar lucu dan unik, kerupuk ini sebenarnya adalah sejenis kerupuk yang digoreng dengan pasir. Uniknya lagi untuk menikmati makanan tersebut belum lengkap rasanya jika tidak ditambahkan dengan bumbu petis hitam yang menggoda. Bagi yang suka perpaduan rasa pedas, manis, asin dan gurih, sebaiknya wajib mencoba jajanan yang satu ini. Harganya juga ramah di kantong, sehingga tidak perlu mahal saat membayarnya.

Nasi Tumpang

Sarapan pagi rasanya belum lengkap jika tidak mencoba makanan khas Nganjuk berikut ini yang tidak hanya sedap tapi juga sehat. Nasi tumpang adalah nasi yang dicampur dengan kulupan sayur lalu disiram oleh bumbu kacang. Cocok sekali jadi teman makan pagi. Biasanya ditambahkan kerupuk atau peyek sebagai pelengkap. Mencarinya juga mudah, banyak sekali ditemukan di pinggiran jalan di sudut kota Nganjuk. Harganya juga cukup bersahabat, sehingga layak untuk dicoba disaat lapar.

Onde-Onde Ketawa

Stop, jangan ketawa dulu, walau namanya unik tapi makanan yang satu ini sungguh lezat rasanya. Terbuat dari tepung beras yang diolah dan digoreng, bercampur dengan wijen dan merekah, makanan khas Nganjuk yang satu ini memang bikin nagih. Bedanya dengan onde-onde secara umum yaitu bentuknya yang khas merekah di tengah. Sehingga bagian dalamnya terlihat dan begitu menggoda jika sepintas terlihat mata. Makanan ini cocok dijadikan camilan di sore hari. Selain itu harganya juga cukup ramah di kantong. Dapakan banyak resep masakanan nusantara hanya di laman https://makananoleholeh.com.

Itulah beberapa makanan khas Nganjuk dengan rasa lezat nan menggoda. Jika sedang melewati kota ini, tidak ada salahnya menepi dan berhenti sebentar. Carilah beberapa jenis masakan yang cocok dengan lidah kalian. Nikmati sebagai teman makan siang, atau untuk makan malam. Dijamin kenyang dan memuaskan!