Penyebab Flu Pada Kucing dan Cara Mengobatinya

Penyebab flu pada kucing memang cukup penting untuk dipahami dan diketahui, terutama jika saat ini Anda sedang memelihara kucing. Flu bisa menyerang kucing kapan saja dan serangan flu pada kucing terjadi dengan cara yang sangat mudah. Terlebih lagi jika kucing belum pernah mendapatkan vaksin dan kurang gerak, maka secara tidak langsung kucing tersebut akan lebih mudah terserang flu.

Flu Pada Anak Kucing

Beberapa orang yang memelihara kucing beranggapan bahwa penyakit flu yang dialami oleh kucing merupakan hal yang wajar. Seperti halnya manusia yang terkadang terserang penyakit flu, demikian pula dengan hewan kucing. Namun penyakit flu akan menjadi berbahaya jika yang terserang adalah anak kucing. Padahal anak kucing sangat rentan mengalami penyakit flu karena daya tahan tubuhnya yang belum sempurna. Flu pada anak kucing memang bisa menyerang lebih mudah karena daya tahan tubuh yang menurun. Oleh karena itu usahakan agar kucing tetap terjaga nafsu makannya dan selalu bersih agar daya tahan tubuhnya tetap kuat.

Penyebab Flu Pada Kucing

Kucing akan mengalami flu jika ada virus dan bakteri yang menyerangnya. Saat daya tahan tubuh kucing melemah atau menurun maka virus dan bakteri akan menyerang kucing dengan lebih mudah. Beberapa jenis virus yang bisa menyebabkan kucing mengalami flu antara lain feline herpesvirus dan calcilivirus. Sedangkan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya flu pada kucing misalnya seperti chlamydophila felis dan bordetella bronchiseptica. Baik virus maupun bakteri sama-sama bisa masuk ke dalam tubuh kucing dengan berbagai media. Misalnya karena udara atau mungkin karena makanan dan minuman dan peralatannya. Kandang kucing yang tidak bersih juga bisa saja menyebabkan kucing terserang virus dan bakteri sehingga pada akhirnya kucing mengalami flu.

Mengobati Flu Pada Kucing

Kucing yang terserang penyakit flu sebaiknya segera diatasi. Anda sebagai pemelihara kucing tentunya perlu memahami berbagai cara mengobati kucing flu. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengobati kucing yang sedang flu adalah dengan memberinya vitamin atau suplemen. Vitamin atau suplemen dapat menjaga daya tahan tubuh kucing sehingga flu akan menjauh dari kucing Anda. Kucing peliharaan Anda juga bisa diberi madu. Hingga saat ini madu memang dianggap sebagai obat mujarab termasuk untuk mengobati flu yang dialami kucing. Anda bisa menambahkan madu pada air minumnya sehingga kucing cepat pulih dari flu. Selain itu kucing juga perlu dijemur di bawah sinar matahari agar virus dan bakteri yang ada pada tubuhnya bisa mati. Tentu hal ini akan mempercepat proses pemulihan kucing dari sakit flu. Dan bila saat kucing sedang flu maka sebaiknya Anda tidak memandikannya agar suhu tubuh kucing bisa tetap terjaga.

Jika kucing telah sembuh dari flu maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan upaya pencegahan. Sebaiknya lakukan berbagai hal untuk mencegah kucing dari penyakit flu. Anda bisa memulainya dengan memberinya vaksin sehingga kucing kesayangan Anda bisa kebal terhadap virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Anda juga bisa memberikan makanan yang bernutrisi agar gizi kucing selalu terpenuhi sehingga daya tahan tubuhnya selalu terjaga. Tidak hanya itu saja tetapi kebersihan tubuh kucing dan kebersihan kandangnya juga harus selalu diperhatikan agar bebas dari segala virus serta bakteri. Dengan segala upaya pencegahan tersebut maka umumnya kucing akan tetap sehat dan tidak mudah sakit.