Sudah Kenalan Sama Cangkang Sawit Belum

Diketahui bahwa kelapa sawit merupakan komoditas yang hampir seluruh bagian tanamannya dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi turunannya yang bernilai ekonomi tinggi. Bukan hanya buah sawit sebagai bahan baku utama pengolahan minyak goreng, margarin dan bahan bakar, namun limbah berupa kulit sawit juga memberikan manfaat yang sangat besar sebagai sistem penyangga kehidupan masyarakat dunia.

Secara definisi, cangkang kelapa sawit adalah residu yang dihasilkan dalam pengolahan industri kelapa sawit yang penggunaannya tidak ideal.

Beberapa unsur yang terkandung dalam kulit batang kelapa sawit memiliki kadar abu minimal, yaitu sekitar 2 hingga 3 persen; memiliki intensitas kelembaban pada kelembaban (analisis kelembaban), 7-8 persen; mengandung karbon aktif murni (karbon tetap) dengan intensitas 20–22 persen; dan memiliki jumlah volatile matter (laju penguapan) yang bisa dikategorikan cukup tinggi, berkisar antara 69 hingga 70 persen.

Dibalik kelebihan tersebut, apa sih manfaat kulit kelapa sawit?

1. Bahan baku arang

Residu kelapa sawit dapat digunakan sebagai bahan baku arang (charcoal). Batubara kulit kelapa sawit memiliki keunggulan menghasilkan energi panas yang lebih tinggi dibandingkan batubara pada umumnya yang berkisar 20.093 kJ / kg.

2. Bahan bakar boiler

Sebagai bahan bakar boiler, cangkang sawit menghasilkan uap yang dapat menggerakkan mesin turbin dan mengoperasikan semua jenis mesin uap. Tekanan api yang dihasilkan dari cangkang sawit memiliki nilai kalori maksimum dan lebih tinggi dari sumber bahan bakar boiler lainnya.

3. Pakan ternak campuran

Kulit biji sawit yang dihancurkan dicampur dengan lapisan luar (kulit pulp) sawit. Perpaduan antara kulit luar dan cangkang sawit dapat meningkatkan metabolisme tubuh, serta pertumbuhan hewan seperti sapi, kambing, bebek, ikan, dan ayam.

4. Pengeras jalan

Di sekitar areal perkebunan sawit, kulit kayu jantung sawit dapat digunakan sebagai pengeras jalan untuk menggantikan fungsi aspal. Hal ini dikarenakan harga kulit kayu lebih ekonomis dan ekologis tepat serta tingkat kualitas kulit sawit tidak lebih rendah dari pada aspal fosil pada umumnya.

5. Bahan bakar untuk pembangkit energi biomassa

Dengan tingkat perkuatan yang tinggi, kandungan kalori sekitar 3.500 kkl / kg, serta unsur penyusun lainnya pada cangkang sawit, maka tidak mengherankan jika kernel kernel ini dapat ditampung dan dibuang melalui pipa ke mesin. uap sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik.

Mengenai cangkang sawit Palm Kernel Shell silahkan cek informasi lengkapnya di https://tropicalbioenergy.com.