Lowongan kerja online sekarang ini jadi salah satunya hal yang disukai oleh beberapa orang. Apalagi buat beberapa fresh graduate yang benar-benar inginkan pekerjaan. Tapi apresiasi warga untuk cari pekerjaan dengan cara door to door sangat jarang-jarang dilaksanakan lagi.

Apalagi sekarang ini, orang semakin pilih untuk cari pekerjaan dengan cara online. Dibanding dengan cari door to door. Melamar kerja dengan cara online semakin lebih efisien dibanding dengan dengan door to door.

Cari pekerjaan memang hal yang bisa disebutkan gampang-gampang susah. Apalagi jika belum memiliki pengalaman kerja, dalam kata lain fresh graduate. Cari kerja akan berasa demikian sulit. Ditambah, jika anda perlu mondar-mandir dari satu perusahaan ke perusahaan lain, bawa-bawa contoh surat lamaran kerja, tetapi pada akhirnya tidak diterima.

Jadi terkadang, ada lowongan pekerjaan yang bukan bagianmu, tetapi daripada menganggur, selanjutnya diambil .

Tetapi tenang saja, masa sudah kekinian. Cari lowongan tidak akan sesedih itu lagi. Tehnologi bisa menghadapkan kamu dengan jodohmu, dibagian pekerjaan yang anda idam-idamkan tentunya. Jika dulu anda tahunya internet untuk tersambung Facebook saja, sekarang ini internet bisa untuk cari pekerjaan. Ringkas sekali.

Banyak beberapa situs internet yang bisa membantumu memperoleh pekerjaan. Situs biro pekerjaan ini demikian mudah dibuka dan dicoba oleh beberapa pemula yang inginkan mendapatkan pekerjaan. Beberapa media online yang siapkan portal untuk ahli pelacak lowongan kerja. Hanya perlu koneksi internet, seperangkat alat perang, dan tekad yang besar. Insya Allah, pekerjaan akan merapat kepadamu.

Nah, itu tutorial cari lowongan pekerjaan melalui Internet agar anda bisa dapatkan lowongan pekerjaan yang didambakanmu.

Berikut ini beberapa Tutorial cari lowongan kerja yang betul ada lewat internet :

Profile Perusahaan Perlu dibaca dengan jelas, Alamat kantor perusahaan dapat dilihat melalui peta sah atau situs pelacak tempat, kantor dari perusahaan yang bona fide biasanya memiliki kantor yang permanen di gedung sendiri atau pada sebuah lantai gedung bukan di Rumah/Toko (Ruko).

2. Contact Person Perusahaan

Situs Perusahaan dan E-mail Tujuan Pengiriman Lamaran

Perhatikan Situs/E-mail Perusahaan

Biasanya lowongan pekerjaan dikabarkan melalui situs sah perusahaan dan korespondensi melalui telepon sah perusahaan atau melalui e-mail HRD/SDM bukan e-mail pribadi (personal) dan bukan melalui :

Contoh : Perusahaan Besar seperti PT. Pertamina (Pesero), mereka memiliki e-mail Istimewa untuk kerjakan masing-masing rekrutmen dengan host e-mail yang juga sama dengan Situs mereka. (Situs www. pertamina. com jadi e-mail mereka [email protected] com) janganlah sampai anda mengupload data diri Anda ke e-mail yang tidak pas dengan e-mail Perusahaan.

Jika mereka menggunakan e-mail dengan Host Gratisan Cek dulu e-mail itu apa perusahaan itu memiliki situs atau tidak, jika tidak mungin saja mereka menggugunakan e-mail gratisan seperti Gmail dan Yahoomail

3. Masing-masing Perusahaan yang melakukan Rekrutmen Dengan Online pasti menjelaskan jika tidak diambil ongkos Apa saja pada masing-masing Pelamar. Jadi kamu janganlah sampai keluarkan uang yang tidak disangka-duga saat cari pekerjaan.

4. Jangan sampai Sempat kirim Imbalan berupa apa saja pada HRD atau yang mengatasnamakan Perusahaan, Seperti Biaya Ticket Travel, Biaya Penginapan dan Fasilitas lainnya, Karena masing-masing perusahaan yang melakukan rekrutmen biasanya telah menyarankan pada Calon Peserta jika Semua biaya Fasilitas tidak dijamin oleh Perusahan.

Dalam kata lain Masing-masing biaya yang dikeluarkan Oleh peserta berarti tanggung jawab peserta itu waktu mereka di panggil oleh Perusahaan itu untuk seleksi lanjutan bukan Diantar pada Seseorang.

5. Mencari Informasi Lowongan Kerja yang belum pernah meminta imbalan apa saja kepada anda untuk anggota, Baca lah masing-masing informasi lowongan pekerjaan yang diterbitkan memiliki Link Asli dimana sumber Informasi itu didapatkan atau Selekasnya membuka Link Sumber yang diterakan di bawah tulisan Web itu, sama seperti yang aada pada beberapa web penelusuran kerja.

6. Jika Anda berasa berprasangka buruk dengan Informasi yang didapatkan pada situs penyuplai informasi lowongan kerja seperti situs ini, sesegera hubungi Kotak Personnya untuk menanyakan sumber asli informasi itu didapatkan. Jika Penyuplai Situs Informasi itu tidak menjawab, lebih baik Anda cari informasi yang tepat dahulu awalnya daftarkan diri untuk calon karyawan.

Disamping itu bermacam tutorial lain yang penting anda sediakan waktu ingin melamar kerja yakni dengan bermacam persiapan itu :

Banyak web pelacak kerja di Indonesia. Dari yang terkenal, sampai anda gemari melihat iklannya di badan bis, sampai web yang tidak benar-benar terkenal tetapi tetaplah terlihat di Google Search. Nah, waktu anda browse di Google pekerjaan yang anda kehendaki, lalu akan terlihat beratus-ratus daftar lowongan kerja. Nah, disini anda perlu waspada agar tidak terperdaya.

Soalnya banyak beberapa web yang tidak sah. Web ini bahkan memberikan informasi yang keliru. Seringkali mereka tempatkan iklan lowongan kerja dari perusahaan terkenal. Tetapi waktu anda check situs sah perusahaan itu, mereka sebenarnya belum membuka lowongan! Oleh karena itu anda perlu berhati-hati.

Anda juga harus mempromokan diri kamu sendiri. Jalannya dengan buat akun di beberapa media sosial istimewa untuk permasalahan karieronal. Seperti LinkedIn, MeetUp. com dan lainnya. Banyak, kok, jika anda cari. Dengan memiliki akun di media sosial ini, anda bisa bangun koneksi dengan sebagian orang yang kerja dibagian sama denganmu. Atau saling berganti informasi tentang lowongan pekerjaan dengan mereka. Sebagian orang dapat melihat background dan kemampuan yang anda punya melalui profilmu.

Mungkin memang terdengar kuno. Tetapi, menggunakan mailing daftar demikian membantumu untuk mendapatkan informasi lowongan kerja. Cara barusan demikian efisien karena waktu ada lowongan pekerjaan yang anda kehendaki, anda selekasnya mendapatkan e-mail. Dan anda hanya tinggal kirim CV saja.

Tiga tutorial itu bisa jadi panduan anda agar tidak salah waktu anda ingin melamar kerja melalui online. Mungkin anda pun baru kali pertamanya kirim lamaran dengan online.

Lalu Sekarang ini apakah yang perlu anda bikin persiapan? Itu banyak hal yang penting anda siapkan waktu inginkan kirim lowongan pekerjaan dengan online.

Awalnya kamu memulai perang untuk cari pekerjaan. Hal paling penting yang penting anda lakukan yakni menyiapkan peralatan tempurmu. Tetapi alat tempurnya bukan berupa amunisi, senjata, atau bom, ya. Anda perlu menyiapkan kelengkapan yang dibutuhkan untuk melamar kerja.

Seperti CV (Curriculum Vitae), dokumen-dokumen penting seperti ijazah, KTP, dan sertifikat. Untuk melamar melalui online, anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen itu berupa soft copy. Scan semua perlengkapan itu dengan scan warna agar terlihat sama dengan aslinya.

Isikan informasi pada CV selengkap mungkin. Jangan sampai ada salah tulisan kata atau salah informasi. Perusahaan akan melihat apa kekuatanmu, pengalaman yang sempat didapatkan, dan totalitasmu dalam kerja.